jump to navigation

How To Install Oracle

Oracle’s Enterprise Linux

SUSE

Redhat dan Fedora Core

Ubuntu

Others

Note:

Pantauan saya, website dizwell.com sudah cukup lama tidak dapat diakses lagi, padahal website ini berisi banyak artikel tentang cara-cara installasi oracle pada beberapa platform, sangat bagus untuk pemula yang ingin mencoba Oracle pada platform selain Windows.

Last Edited: 20091122

Comments»

1. rio dwi - November 16, 2007

haloo, baru aja gabung nih.. boleh tanya sedikit ngga… apakah redhat linux enterprise 5 dapat di instalkan oracle 10g ? mohon pencerahannya yah…

2. Fahmi - December 27, 2007

Hi Rio,
Pada dasarnya tidak certified, namun kita bisa ‘ngakali’ dengan menambahkan redhat-5 pada tag [certified version] di Install_Folder/install/oraparam.ini.

selamat mencoba😉

Fahmi

3. iwan - January 8, 2008

allow…
minta tolong ni
setelah kemaren nginstall oracle database 10g enterprise,dilanjutin ke oracle database companion 10g ko nggak bisa masuk sebagai sysdba
muncul pesen tns adapter error..bagi yang berkenan berbagi ilmu minta tolong bantuannya….bru pengen belajar oracle lebih jauh…

best regards

4. ryht - January 31, 2008

Ada yang pernah coba install oracle db server di slackware??
Ada link referensinya??

5. Bervin - March 26, 2008

salam kenal,

saya bebe mau tanya soal Developer 2000 yg digunakan di kantor saya.saya memakai OS Windows XP SP2 multi lisensi yg dikeluarkan oleh kampus IPB. ketika saya selesai meng-install oracle 8.0.5 (jadul banget yah?!) baru saya install-kan Dev 2000 nya. nah pada saat instalasi dilakukan orainst saya error. mungkinkah dikarenakan OS saya yg tidak kompatibel dengan oracle-nya? karna ketika akan melakukan instalisasi Dev 2000 sudah ada notifikasi bahwa versi oracle yg saya pakai msh lebih tinggi drpd Dev 2000 nya. saya mohon bantuan solusinya untuk para senior2 oracle…

terima kasih sebelumnya atas perhatian dan jawabannya.

salam,

~bb~

6. Tifta - April 25, 2008

Sebenarnya lisensi Oracle 10g versi enterprise buat personal(Mahasiswa) dengan tujuan belajar , harganya berapa?

Trus biaya training + Sertifikasi OCA yang termurah berapa? dan dimana?Berapa hari lamanya?atau ‘cuma’ 2 hari seperti di Inixindo dengan biaya 4.150.000 ?

7. Adoer - April 25, 2008

To Iwan –> TNS adapter error

1. Sudah set ORACLE_SID?
Contoh : C:\>Set oracle_SID=
2. Sudah benarkah penulisan connection string di TNSNAME.ORA
Contoh :
HRD.ORACLE.COM =
(DESCRIPTION =
(ADDRESS_LIST =
(ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = DATASERVER)(PORT = 1521))
)
(CONNECT_DATA =
(SERVICE_NAME = HRD)
)
)
3. Gunakan TNSPING untuk mengetes connection string
Contoh :
C:\>TNSPING HRD.ORACLE.COM
4. Check di SQLNET.ORA apakah disertakan default domain?
Contoh :
NAMES.DEFAULT_DOMAIN = ORACLE.COM —> contoh nama domain, bisa anda ganti sesuai keinginan sendiri.
5. Jika msih belum bisa connect, boleh minta contoh penulisan di TNSNAME.ORA-NYA nggak?

8. aestikani - May 3, 2008

Pak password utk file yg di donlod dr geocities/apachelynx/ tu apa ya? Sy udh request via e-mail kok ga dibalas. Terima kasih

9. padang nadimpu - May 6, 2008

Pada sisi aplikasi, programer telah membuat sejenis validasi bahwa apabila dipilih jenis kelamin Laki-laki dan status dalam keluarga sebagai istri, maka entri data stop dan tidak bisa simpan.. Pada saat uji entri, validasi tersebut berfungsi, namun setelah seluruh data terentri (253.000 rows), dengan menggunakan Oracle Statement ternyata teridentifikasi sejumlah row berkelamin Laki-laki dan statusnya dalam keluarga sebagai istri.

Mohon pencerahan/solusi agar dari sisi database pun dapat menolak kondisi berkelamin Laki-laki dan statusnya dalam keluarga sebagai istri. Atas bantuan pencerahan/solusi diucapin trims bangat.

10. agnes - May 16, 2008

To : Padang

Buat saja trigger oninsert, onupdate di oracle nya, dimana, bila datanya tidak sesuai, data tidak bisa diinsert ataupun diupdate, dengan generate error oracle.

11. Willy - July 28, 2008

halo para master oracle, mohon petunjuk unutk menginstall oracel 11i release 10.2 for linux86, saya memakai ubuntu server 8.04.

regards

12. Edwin - November 25, 2008

hai, tolong dong, gimana caranya startup otomatis untuk oracle db di linux. Saya pake CentOS 5.2 + oracle 11g. untuk nstalasi sudah berhasil meskipun harus cari referensi kemana-mana, startup pake dbstart (dimasukan di rc.d) tapi yang jalan hanya listener nya aja, start database nya gimana klo pingin auto waktu booting ? thx

13. Dhedy - April 15, 2009

Haloo teman saya mau tanya ada yg pernah insatal aplikasi developer2000 gk di linux..dan untuk suse linux 9.1 bisa di instal oracle gk ya…dan bagaimana cara instalnya

trimakasih

14. cendra - May 1, 2009

hallo para master oracle,, orang baru nih…!!
mau elajar oracle tapi dari dasar nya.. bingung ga ada yang bimbing..??
siapa yang berkenan mau berbagi ilmu sama saya dan dimana saya kalo mau ambil sertifikasinya..?.
trimakasih atas tanggapannya yah.

15. enjal - May 18, 2009

hallo master help donk instal oracle 10g R1 di redhat 4.
instal awal sudah di looping setelah penginstalan selesai, dan dibuatakan auto run database tetap tidak running. peda hal kernel sudah di instal, virtual memory sudah dibuat dua kali memory yang ada mendekati 2G. help me….

16. atan suciya - September 10, 2009

lancao

17. dean - November 2, 2009

halo
saya maw tanya apakah bisa dari xp sp2 trus saya pengen instal linux tapi saya tidak bisa di biosnya tolong caranya dari awal biosnya tolong ya…..

18. dean - November 2, 2009

saya dikasih cd linux centos ver5.2 cuma pas di boot atau biosnya saya tidak bisa?……… tolong ya caranya…….
trus saya menggunakan pc
amd atloh +3000
1Gb
vga ati x1650pro 512mb ddr3 128bit
hdd 320Gb

tolong ya master……………

19. Andini - February 25, 2010

laptop saya OS windos Vista Home Basic 32 bit, harus di install pake oracle jenis apa ?

20. Timbul - March 4, 2010

Alo baru gabung neh..klo mo belajar oracle dan mau menjadi oracle DBA tanpa les(karena gk ada dana ) pertama(dasar2) yang harus dipelajari apa y…berharap bantuan

21. ahroihan - June 25, 2010

baru install mau bikin data base konek ke delphi. mulai drmana ya. email donk! please

22. risman - January 27, 2011

Saya mau tanya tentang Instalasi oracle di windows7 sering kali terjadi eror, sekalipun di paksakan oracle tidak dapat di jalan sama sekali baik oracle databasenya ataupun di oracle developernya, mohon pencerahan dan di share ilmunhya disini Thank’s

23. Nanang - March 12, 2011

saya mau tanya bagaimana cara menggunakan Oracle

24. Andre Septian - September 25, 2011

Gan saya mau nanya cara download oracle gimana ya … akun ua keblok di web oraclenya… n ak mau daftar lagi verifikasi password selalu salah… mungkin ada ganguan sistem di web oracle….
mungikn ada yang mempunyai link untuk mendownload oracle??? tolong kirim ke email saya di andre_septian@hotmail.com ke blok dan

25. harjo - July 27, 2012

mau tanya
aku mungunakan oracle 8.0.5
connect pada pleql ngak bisa
tnsnames :
# C:\ORANT\NET80\ADMIN\TNSNAMES.ORA Configuration File:C:\orant\net80\admin\tnsnames.ora
# Generated by Oracle Net8 Assistant

CMEXAMPLE.WORLD =
(DESCRIPTION =
(ADDRESS_LIST =
(ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = CM_SERVER)(PORT = 1610))
(ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = LSNR_SERVER)(PORT = 1521))
)
(CONNECT_DATA = (SID = ORCL))
(SOURCE_ROUTE = YES)
)

TCPEXAMPLE.WORLD =
(DESCRIPTION =
(ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = Production1)(PORT = 1521))
(CONNECT_DATA = (SID = ORCL))
)

NMPEXAMPLE.WORLD =
(DESCRIPTION =
(ADDRESS = (PROTOCOL = NMP)(Server = FinanceServer1)(Pipe = ORAPIPE))
(CONNECT_DATA = (SID = ORCL))
)

EXTPROC_CONNECTION_DATA.WORLD =
(DESCRIPTION =
(ADDRESS = (PROTOCOL = IPC)(Key = EXTPROC0))
(CONNECT_DATA = (SID = extproc))
)

BEQ-LOCAL.WORLD =
(DESCRIPTION =
(ADDRESS = (PROTOCOL = BEQ)(PROGRAM = oracle80)(ARGV0 = oracle80ORCL)(ARGS = ‘(DESCRIPTION=(LOCAL=YES)(ADDRESS=(PROTOCOL=BEQ)))’))
(CONNECT_DATA = (SID = ORCL))
)

SPXEXAMPLE.WORLD =
(DESCRIPTION =
(ADDRESS = (PROTOCOL = SPX)(Service = Server_lsnr))
(CONNECT_DATA = (SID = ORCL))
)

TCP-LOOPBACK.WORLD =
(DESCRIPTION =
(ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = 127.0.0.1)(PORT = 1521))
(CONNECT_DATA = (SID = ORCL))
)

sqlnet:
# C:\ORANT\NET80\ADMIN\SQLNET.ORA Configuration File:C:\orant\net80\admin\sqlnet.ora
# Generated by Oracle Net8 Assistant

NAME.DEFAULT_ZONE = world

NAMES.DEFAULT_DOMAIN = world

#sqlnet.authentication_services = (NONE)

SQLNET.EXPIRE_TIME = 0

SQLNET.ENCRYPTION_SERVER = requested

SQLNET.ENCRYPTION_CLIENT = requested

NAMES.DIRECTORY_PATH= (TNSNAMES, HOSTNAME)

listener :
# C:\ORANT\NET80\ADMIN\LISTENER.ORA Configuration File:C:\orant\net80\admin\listener.ora
# Generated by Oracle Net8 Assistant

PASSWORDS_LISTENER= (oracle)

LISTENER =
(ADDRESS_LIST =
(ADDRESS = (PROTOCOL = IPC)(KEY = oracle.world))
(ADDRESS = (PROTOCOL = IPC)(KEY = ORCL))
(ADDRESS = (PROTOCOL = IPC)(KEY = EXTPROC0))
(ADDRESS = (PROTOCOL = NMP)(SERVER = HARJO)(PIPE = ORAPIPE))
(ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = tarjo)(PORT = 1521))
(ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = tarjo)(PORT = 1526))
(ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = 127.0.0.1)(PORT = 1521))
)

SID_LIST_LISTENER =
(SID_LIST =
(SID_DESC =
(GLOBAL_DBNAME = tarjo)
(SID_NAME = ORCL)
)
(SID_DESC =
(SID_NAME = extproc)
(PROGRAM = extproc)
)
)

oleh - October 9, 2013

gan mau tanya nih,cara uninstall oracle 11g gimana ya?udah coba berkali-kali hasilnya tetep gak bisa.mulai dari deinstallbat.terimakasih

26. marisa - February 4, 2014

agan2 dan aganwati..

sama seperti di atas saya, knp ya oracle 11g tidak compat dengan windows server 2012. selalu ada kesalahan

trmksh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: